Rabu, 15 April 2009

BAJU MUSLIM BAYI


Dengan menyebut asma Allah yang Maha pengasih lagi Maha penyayang.
Rasulullah tauladan yang sempurna, baginya tercurah shalawat dan salam.

Pakaian muslim adalah identitas awal seorang muslim untuk mudah dikenali keIslamanya.Dan orang lain berhak memberi salam ketika tahu kita adalah muslim lewat gaya pakaian kita.karena sesama muslim pada hakikatnya adalah saudara.

Untuk berpakaian muslim tidak sebatas hanya untuk kaum yang sudah baligh atau dewasanya saja,tapi anak-anak juga harus bisa kita biasakan berbusana muslim yang juga merupakan cerminan bagaimana cara dia berpakaiannya kelak.Bukan hal yang tidak mungkin lagi kebiasaan berbusana muslim dilakukan sejak anak kita bayi.

Bermula dari pengalaman pribadi ketika putri pertama saya Shanum Ayesha Gasyari bayi, saya dan suami tercinta selalu boyongan membawa keluarga kecil kami silaturahim ke sanak famili atau kerabat.seringkali kami mendapat pertanyaan "Anaknya laki-laki atau perempuan..?" pada kenyataanya bayi kami Shanum sudah mengenakan dress dan hair band dikepala serta memakai anting-anting ditelinganya. saking seringnya sampai menjadi bahasan saya dan suami gimana caranya supaya orang tau kalau anak kita ini perempuan.

Kemudian saya ada ide untuk memakaikan shanum jilbab ,dengan tujuan apa orang masih akan bertanya yang sama ya? waktu itu shanum masih berusia dua bulan.Sangat kesulitan mencari jilbab yang berukuran kecil,nyaman dan aman untuk dikenakan bayi.

saya pun memutuskan membuat sendiri jilbab untuk shanum, dilengakapi baju muslim bayi berupa dress panjang dan celana panjang hasil karya perdana saya.maksudnya biar orang tau kalau bayi saya ini perempuan karena mengenakan jilbab.
Ternyata respon orang rata-rata punya pertanyaan baru ketika melihat bayi kami memakai jilbab bayi dan baju muslim bayi, "Ada yang jual ya,baju muslim untuk bayi?beli dimana?" (walau kadang-kadang masih ada pertanyaan yang sama"laki-laki atau perempuan?"^_^).

Jadi tiap kali bepergian keluar rumah saya selalu memakaikan shanum jilbab dan baju muslim bayi nya.Alhamdulillah ternyata saya mendapatkan beberapa manfaat dari itu;

1.Shanum terlihat lebih cantik dan beda dari bayi kebanyakan.(Qalam Masya Allah..!)

2. shanum tidak pernah cekukan
(saya ga tau apa cekukan bahasa lokal atau umum yang bisa dipahami oleh semua.karena jika bayi kedinginan untuk beberapa tempo dia akan cekukan) jilbabnya berfungsi sebagai topi yang menghangatkan kepalanya dan baju muslim bayinya yang tertutup juga menghindarinya dari masuk angin pada bayi.

3.Menjadi media syiar dan Insya Allah nasihat bagi orang dewasa yang melihat.
Tanpa disengaja saya banyak menjumpai orang-orang yang berkomentar"bayi aja sudah pake jilbab,kok yang dewasa enggak ya?"

3.Jadi proses awal latihan berhijab yang efektif.
usia shanum kini sudah hampir 4 tahun.dan dia paling malu kalau keluar rumah tanpa jilbabnya.sementara dari beberapa teman saya yang anaknya seusia shanum ,mereka bertanya bagaimana caranya supaya anak betah dengan jilbab.karena anak mereka tidak nyaman berlama-lama dengan jilbabnya.

4.Mendapat keuntungan ekstra
dengan mengetahui respon orang melihat bayi berbusana muslim,saya tau antusiame terhadap baju muslim bayi sangat baik dan positif.bagi saya peluang ini wajib digarap serius.karena banyak permintaan,saya yakin ini adalah peluang yang tidak bisa dilewatkan dengan sia-sia.

Maka disini lah saya sekarang...
dalam hidup yang sesungguhnya sangat sejenak ini saya berharap bisa sedikit memberi manfaat dan mencoba mengaktualisasikan diri lewat karya sederhana. yaitu memproduksi baju bayi muslim "uMMa muslim baby wear".

'Umma' adalah panggilan untuk saya dari suami dan anak-anak saya(alhamdulillah shanum sudah punya adik bayi perempuan bernama Syauqia)

Umma berarti ibu dalam bahasa arab (atau mungkin saya salah,karena waktu saya masih bekerja di Saudi Arabian air orang-orang arab memanggil ibu dengan panggilan "yaa umma...!"

Panggilan 'Umma' bagi saya terdengar sangat hangat dan penuh kasih sayang.sangat dekat dan terasa sangat dibutuhkan.keluarga dan teman-teman saya juga kadang memanggil saya dengan panggilan umma.dengan senang hati karena saya merasa sangat nyaman dengan panggilan itu.

Kata 'umma' juga bisa diartikan sebagai umat.

maka dari itu saya berharap "uMMa muslim baby wear" hangat dekat dan terasa penuh kasih sayang.Dan juga bisa memberi manfaat seperti yang saya rasakan yang bisa dipersembahkan kepada umma-umma yang lain atau para ummahat dimanapun berada.

Semoga Allah berkenan meridho apa-apa yang kita ikhtiarkan sebagai nilai ibadah dan menjadikan pahala disisNya.amiin.

Demikian posting-an perdana saya mengenai baju bayi muslim .Semoga manfaat.


Salam Silaturahim,
Atiek Chandra

Tidak ada komentar: